Pelatihan LABELLING Dan DIGITAL MARKETING Kepada Pengrajin Kripik Paru Di Palengaan
- CEPRYANA SATHALICA WIDYANANDA, SP., MM. 25 Okt 2022 Dibaca 334 kali
KEGIATAN
PENGABDIAN PADA MASYARAKAT MINGGU 16 OKTOBER 2022
Minggu
(16/10/22) - Tim Dosen Prodi Peternakan Univ. Madura melakukan kegiatan
Pengabdian & Pendampingan 'Introduksi Pengemasan, Labeling, Merek Dagang
& Digital Marketing' pada Kelompok UMKM Pengerajin & Pengolah Keripik
Paru Sapi di daerah Palengaan - Pamekasan. Dalam kegiatan tersebut disampaikan
pentingnya merek dagang atas produk yang dipasarkan, hal tersebut dimaksudkan
untuk dapat menginfokan pada konsumen terkait mutu produk yang dihasilkan
sehingga dengan adanya merek dapat mencirikan produk yang dipasarkan. Selain
merek dagang, yang perlu diperhatikan juga adalah kemasan, dimana pengemasan
produk UMKM saat ini masih sederhana dan belum memenuhi standart. Kemasan ramah
lingkungan (recycle) dan sesuai ketentuan label & kuantitas diharapkan
dapat terpenuhi setelah dilakukannya pendampingan ini. "Jika kemasan dan
label sudah sesuai dengan standart maka konsumen telah mendapat jaminan
perlindungan". Ujar Joko Purdiyanto
Disampaikan
oleh pemateri kedua (Cepryana S Widyananda), pelaku UMKM diharapkan mampu
menguasai digital marketing sehingga dapat bersaing dipasar global yang saat
ini sudah mengarah ke digitalisasi. Dengan penguasaan digital marketing, pelaku UMKM dapat
menjangkau sebanyak-banyaknya target konsumen & membuka pasar yang lebih
luas lagi.
Dalam
paparannya dijelaskan, ada 3 jenis digital marketing yang dapat dipelajari oleh
pelaku UMKM. Pertama, owned digital marketing (penggunaan website, mobile
application, media sosial, blog, & email marketing). Kedua, earned digital
marketing dan paid digital marketing. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan owned digital
marketing semaksimal mungkin melalui pemanfaatan mobile application seperti
whatsapp bisnis & google bisnisku, dan media digital. Kemudian dapat
memanfaatkan paid digital marketing seperti google ads dan Facebook ads.