Detil Berita

Pelatihan LABELLING Dan DIGITAL MARKETING Kepada Pengrajin Kripik Paru Di Palengaan

  • CEPRYANA SATHALICA WIDYANANDA, SP., MM.  25 Okt 2022  Dibaca 277 kali

KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT MINGGU 16 OKTOBER 2022

Minggu (16/10/22) - Tim Dosen Prodi Peternakan Univ. Madura melakukan kegiatan Pengabdian & Pendampingan 'Introduksi Pengemasan, Labeling, Merek Dagang & Digital Marketing' pada Kelompok UMKM Pengerajin & Pengolah Keripik Paru Sapi di daerah Palengaan - Pamekasan. Dalam kegiatan tersebut disampaikan pentingnya merek dagang atas produk yang dipasarkan, hal tersebut dimaksudkan untuk dapat menginfokan pada konsumen terkait mutu produk yang dihasilkan sehingga dengan adanya merek dapat mencirikan produk yang dipasarkan. Selain merek dagang, yang perlu diperhatikan juga adalah kemasan, dimana pengemasan produk UMKM saat ini masih sederhana dan belum memenuhi standart. Kemasan ramah lingkungan (recycle) dan sesuai ketentuan label & kuantitas diharapkan dapat terpenuhi setelah dilakukannya pendampingan ini. "Jika kemasan dan label sudah sesuai dengan standart maka konsumen telah mendapat jaminan perlindungan". Ujar Joko Purdiyanto

 

Disampaikan oleh pemateri kedua (Cepryana S Widyananda), pelaku UMKM diharapkan mampu menguasai digital marketing sehingga dapat bersaing dipasar global yang saat ini sudah mengarah ke digitalisasi. Dengan penguasaan  digital marketing, pelaku UMKM dapat menjangkau sebanyak-banyaknya target konsumen & membuka pasar yang lebih luas lagi.

Dalam paparannya dijelaskan, ada 3 jenis digital marketing yang dapat dipelajari oleh pelaku UMKM. Pertama, owned digital marketing (penggunaan website, mobile application, media sosial, blog, & email marketing). Kedua, earned digital marketing dan paid digital marketing. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan owned digital marketing semaksimal mungkin melalui pemanfaatan mobile application seperti whatsapp bisnis & google bisnisku, dan media digital. Kemudian dapat memanfaatkan paid digital marketing seperti google ads dan Facebook ads.