Detil Berita

Tingkatkan Pengetahuan Peternak, UNIRA Selenggarakan Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran & Pemanfaatan Limbah Ternak

  • CEPRYANA SATHALICA WIDYANANDA, SP., MM.  30 Sep 2023  Dibaca 213 kali

Pamekasan, 30 September 2023. 

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bentuk pengabdian yang dilaksanakan oleh Tim Dosen bersama mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Madura dan dihadiri oleh 30 peternak dari Dusun Solot.


Dusun Solot, Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan adalah salah satu dusun dengan potensi Peternakan Kambing yang maju. Namun, sayangnya pemasaran terhadap ternak kambing ini masih bersifat manual atau melalui pedagang perantara. Dituturkan oleh Dosen Fakultas Pertanian Unira sekaligus pemateri dalam kegiatan ini (Zulfaini Shamad, S.Pt., M.Pt) bahwa produksi (hasil daging) dari kambing yang berada di Dusun Solot ini sangat baik. 


Melihat potensi tersebut, kelompok peternak Dusun Solot dapat berkembang bila disertai dengan pemanfaatan teknologi digital dan media sosial. Disampaikan oleh Cepryana S Widyananda, SP., MM selaku pemateri dalam kegiatan penyuluhan ini dengan memanfaatkan teknologi digital, selain dapat mengikuti pertumbuhan konsumen juga dapat memperluas pangsa pasar serta mempermudah pengelolaan dalam menerima pesanan. Tak hanya sebagai sarana penjualan daring, media sosial juga memegang peran untuk menaikkan atensi konsumen pada sebuah produk.


Selain materi terkait pemanfaatan teknologi digital, disampaikan juga oleh pemateri 2 yaitu Zulfaini Shamad, S.Pt., M.Pt adalah pengelolaan dan pemanfaatan limbah ternak dimana selama ini limbah dimanfaatkan langsung tanpa diolah sehingga efek yang didapat kurang maksimal. Limbah yang diolah dengan perlakuan fermentasi akan meningkatkan efektifitas lahan pertanian maupun pada produksi pertanian. Juga dapat memberikan nilai tambah dan menjadi penghasilan tambahan bagi para peternak.


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru dan kesempatan pada peternak untuk meningkatkan pendapatannya. -csw-