Detil Berita

Pendampingan Tim Dosen Fakultas Pertanian Pada Kegiatan KKN8 Di Desa Jarin

  • CEPRYANA SATHALICA WIDYANANDA, SP., MM.  30 Ags 2023  Dibaca 634 kali

Mahasiswa Universitas Madura (UNIRA) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata/KKN8 Desa Jarin melakukan kolaborasi dengan Tim Dosen Fakultas Pertanian (Nurul Hidayati, S.Si., M.Si., Zulfaini Shamad, S.Pt., M.Pt dan Cepryana Sathalica Widyananda, SP., MM) dan Mahasiswa Fakultas Pertanian menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik di Balai Desa Jarin pada 30 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Tani, Gapoktan, Perangkat Desa Jarin dan rekan-rekan mahasiswa peserta KKN.


Selain merupakan salah satu program kerja dari KKN8, sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik ini merupakan sebuah sarana edukasi bagi masyarakat dalam pemanfaatan limbah hasil tani maupun ternak yang tidak termanfaatkan sebelumnya. "Dengan pengolahan yang tepat maka limbah yang sebelumnya tidak termanfaatkan akan menjadi bernilai guna dan memberi manfaat baik bagi lingkungan". 


Rangkaian agenda pelatihan dimulai dari sosialisasi tentang plus/minus penggunaan pupuk anorganik terhadap lingkungan termasuk juga terhadap serangan hama serta urgensi pengolahan limbah. Dilanjutkan dengan pengenalan produk pupuk organik (padatan & POC), UMB, pakan fermentasi yang merupakan produk hasil penelitian dari rekan-rekan mahasiswa Fakultas Pertanian dan acara inti yaitu proses pembuatan pupuk organik padat dari limbah hasil tani dan ternak. Dalam praktiknya, pupuk padatan dibuat menggunakan alat sederhana dan bahan-bahan yang tersedia di sekitar lingkungan desa. Pemanfaatan limbah hasil tani dan ternak seperti sekam padi serta kotoran sapi/kambing/ayam dapat diolah menjadi pupuk yang bermanfaat. (csw)